Koneksi Antar Materi - Kepemimpinan Menuju Transformasi Pendidikan

   
Koneksi Antar Materi - Kepemimpinan Menuju Transformasi Pendidikan

Koneksi Antar Materi - Kepemimpinan Menuju Transformasi Pendidikan

 

Pertanyaan Pemantik untuk sesi pembelajaran koneksi antar materi:

1.      Bagaimana hubungan antara apa yang saya lakukan saat ini dengan apa yang telah saya pelajari sebelumnya?

Peran yang sedang saya lakukan adalah peran sebagai kepala sekolah dan dengan tugas sebagai tenaga kependidikan, sebagai pemimpin Pendidikan disekolah. Dengan kesadaran bahwa untuk meningkatkan kompetensi tugas dan peran saya tersebut, saya perlu belajar lagi dan mengikuti bimtek calon pengajar praktik. Saya melihat bahwa kepemimpinan merupakan salah satu faktor munculnya transformasi pendidikan, adanya pemimpin di sekolah diharapka mampu memunculkan ide dan inisiatif yang dapat dipahami lalu di ikuti oleh pengikutnya. Sampai dengan tahap ini, hal-hal apa saja yang telah saya lakukan dengan apa yang sedang saya pelajari ternyata banyak perbedaan, banyak kekurangan-kekurangan dan hal-hal baru yang belum saya ketahui. Mulai dari pemahaman tentang filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, Pendidikan yang memerdekakan Pendidikan yang berorientasi (berpihak kepada murid, berdampak pada murid dan relevan dengan kodrat murid).

Pada kesempatan belajar ini saya diberi pemahaman bagaimana merancang membuat visi, membuat mental merancang prakarsa perubahan yaitu penggambaran upaya nyata yang memungkinkan gotong royong dalam meningkatkan kualitas pembelajaran murid, menggunakan konsep ATAP ( awal, tantangan, aksi dan pembelajaran).  Selanjutnya konsep tersebut dikembangkan ke model inquiri apresiatif model BAGJA (Buat pertanyaan, Ambil pembelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi). Dua model tersebut membuat saya sadar bahwa untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna perlu adanya rencana yang matang.

 

2.      Apakah saya mengubah pemikiran saya sebagai akibat dari apa telah saya pelajari?

Dari apa yang telah saya pelajari melalui diklat CPP sampai tahap ini, saya sadar dan mulai melakukan refleksi dengan apa yang telah saya lakukan sebelumnya baik sebagai guru maupun sebagai kepala sekolah. Tidak apa yang saya pikirkan harus saya lakukan sendiri, melainkan perlu adanya saling pemahaman antar lini, gotong royong demi keberhasilan Bersama. Dari apa yang telah saya pelajari melalui diklat CPP sampai tahap ini, saya sadar dan mulai melakukan refleksi dengan apa yang telah saya lakukan sebelumnya baik sebagai guru maupun sebagai kepala sekolah. Tidak apa yang saya pikirkan harus saya lakukan sendiri, melainkan perlu adanya saling pemahaman antar lini, gotong royong demi keberhasilan Bersama. Kesimpulannya adalah, saya harus mengubah pemikiran awal saya dengan pemikiran baru seletalah mengikuti diklat.

Terima kasih 


Diperbarui
Tambahkan Komentar