PRINSIP PENDIDIKAN yang MEMERDEKAKAN

   
PRINSIP PENDIDIKAN yang MEMERDEKAKAN

PRINSIP PENDIDIKAN yang MEMERDEKAKAN

 

Pada hari ini telah saya ikuti Elaborasi Pendidikan yang Memerdekakan. Beberapa hal yang dapat saya tuliskan berdasarkan pertanyaan adalah sebagai berikut:

Ceritakan hal hal yang sudah selaras dengan praktik prinsip pendidikan yang memerdekakan?

Beberapa hal yang sudah kami laksanakan di sekolah dalam melaksanakan Pendidikan yang memerdekakan antar lain:

1. Beberapa mata pelajaran telah melaksanakan pembelajaran berbasis proyek dan kegiatan

2. Sekolah melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler berdasarkan pilihan dan kemauan dari peserta didik

3. Sekolah juga melaksanakan kegiatan social kemasyarakatan, diantaranya melaksanakan bakti social, berbagi takjil, melakukan kebersiahan lingkungan dan kegiatan kearifan local.  


Hal-hal yang tidak selaras terkait praktik prinsip pendidikan yang memerdekakan yang dirasa perlu diubah atau dikembangkan bahkan dihilangkan?

Beberapa hal yang tidak selaras terkait praktik baik Pendidikan yang memerdekakan dan dirasa perlu untuk dihilangkan antara lain:

1. Pemberian hukuman atau sangsi yang selama ini masih diterapkan disekolah

2. Pembuatan peraturan yang mengikat dan memberatkan peserta didik

3. Praktik pembelajaran satu arah dan masih berpusat pada guru

4. Praktik pembelajaran yang stagnan dan pasif dengan hanya belajar teori saja

5. Penilaian yang berbasis pada hasil / menuntut nilai baik

6. Pemberian hadiah / reward kepada peserta didik

7. Melakukan ancaman, profokasi atau bullying kepada peserta didik

Semoga bermanfaat !


Diperbarui
Tambahkan Komentar