IDUL ADHA 1440 H

   
IDUL ADHA 1440 H

IDUL ADHA 1440 H

Sumber Rejo (Minggu, 11 Agustus 2019)

Berawal dari sebuah obrolan santai antar warga, sekitar sepuluh tahun yang lalu untuk mengadakan kelompok qurban. Sudah satu dekade berjalan kegiatan rutin arisan qurban kami laksanakan, setiap menjelang hari raya idul adha. Melalui suatu ajang silaturahmi antar warga selanjutnya sepakat kami bentuk arisan, yang diselenggarakan di Mushola At-Taqwa Sumber Rejo yang disingkat dengan (MAS). Dengan kesepakatan bersama mushola at taqwa sebagai payung dan tempat penyembelihan walaupun anggotanya ada yang berasal dari luar pekon sumber rejo. 
Tahun pertama anggota arisan berjumlah 25 orang dengan iuran wajib adalah Rp. 200.000,- sehingga terkumpul dana sebanyak Rp. 5.000.000,-. Dengan uang tersebut setiap tahun akan di undi empat orang untuk mendapatkan dana yang bisa dibelikan kambing, harapanya setiap tahun akan memotong empat ekor kambing.
Pada kenyataannya dengan uang tersebut ternyata untuk mendapatkan satu ekor kambing saja masih harus menambah biaya yang cukup banyak bagi empat orang pertama yang mendapat jatah. Oleh karena itu, kami melakukan musyawarah kembali untuk mengganti hewan qurban dari kambing menjadi sapi. Akhirnya kami sepakat untuk tahun selanjutnya akan membeli sapi dengan uang hasil arisan. Sejak saat itulah dari tahun ke tahun kami selalu memotong sapi sebagai hewan qurbannya.
Alhamdulillah tahun 2019 ini merupakan tahun ke-10 kami melakukan pemotongan hewan qurban dari hasil kelompok arisan yang periode ke-10 ini berjumlah 28 orang.
Idul Adha 1440 H tepat pada hari Minggu, 11 Agustus 2019, kegiatan penyembelihan hewan qurban kami mulai setelah menjalankan sholat Idul Adha yaitu sekitar pukul 08.30 dan selesai pada pukul 11.30.
Sapi yang dibeli dengan harga antara Rp. 17.000.000,- menghasilkan daging sebanyak 98 kg, dengan rincian sebagai berikut:
1.
Jumlah sohibul qurban
7 x 2,5 kg
= 17,5 kg
2.
Sisa daging
98 – 17,5
= 80,5 kg
3.
Jumlah warga dan anggota arisan
79 + 21
= 100 paket
4.
Berat per paket daging
80,5 kg / 100
= 0,8 kg

Mengingat begitu banyak sukarelawan yang tergabung untuk membantu kelancaran pemotongan dan pembagian daging qurban, maka kami membagi daging dengan berat 0,7 kg dan langsung kami masukkan kedalam kantung plastik. Daging tersebut masih ditambah potongan tulang, kulit, dan usus / jeroan, sehingga berat total daging dan tambahannya sekitar 1,6 kg langsung kami bagikan kepada warga yang berhak menerima sesuai kupon yang telah kami berikan satu hari sebelumnya. Kepada sukarelawan yang turut membantu kelancaran penyembelihan juga kami berikan masing-masing satu paket daging sapi.
Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh pihak yang turut membantu kelancaran pemotongan hewan qurban, mohon maaf karena masih banyak kelalaian dan kekurangan dari kami panitia.

Diperbarui
Tambahkan Komentar