Materi: Pengaruh Geografis Terhadap Keragaman Budaya

   
Materi: Pengaruh Geografis Terhadap Keragaman Budaya

Materi: Pengaruh Geografis Terhadap Keragaman Budaya

Indonesia dengan kondisi geografis yang berbeda-beda dari Sabang sampai Merauke, memiliki beragam suku bangsa serta kebudayaannya.
Indonesia mempunyai 1.340 suku bangsa, luas wilayah Indonesia 5 juta km2 lebih dan penduduknya lebih dari 265 juta jiwa.

Faktor-faktor geografis yang memengaruhi dan menentukan keberagaman budaya di Indonesia adalah berikut ini!

1. Letak Geografis
Letak suatu tempat sangat berpengaruh pada kebiasaan hidup suatu masyarakat. Masyarakat yang tinggal di pegunungan seperti Bromo misalnya, mereka akan cenderung bermata pencaharian sebagai petani. Sedangkan untuk masyarakat yang tinggal di daerah pantai seperti Pangandaran biasanya berprofesi sebagai nelayan.

2. Posisi Strategis
Posisi Indonesia yang dilalui oleh Selat Malaka dan menjadi jalur perdagangan internasional sejak zaman dahulu, juga memengaruhi kebudayaan masyarakat Indonesia. Dengan datangnya bangsa asing dan bertemu dengan penduduk lokal, memungkinkan adanya penggabungan kebudayaan.

3. Kondisi Ekologis
Ekologi dalam hal ini menitikberatkan pada hubungan antara manusia dan lingkungan, dalam kaitannya dengan keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Faktor ekologis memiliki pengaruh penting. Misalnya suku Baduy yang membangun rumah secara berhadapan dan hanya menghadap ke arah Utara dan Selatan saja. Hal ini dilakukan dengan maksud supaya sinar matahari dapat menyinari seluruh ruangan melalui jendela samping rumah.

copy from :
https://blog.ruangguru.com/faktor-geografis-terhadap-keragaman-budaya-indonesia


Soal dan Kerjakan
1. Berikan salah satu contoh kondisi alam yang mempengaruhi kehidupan sosial budaya pada aspek kepercayaan?
2. Terangkan kaitan kehidupan di pedalaman dengan pembangunan rumah panggung?

Tulis pada buku catatan !!
Diperbarui

2 Komentar

+ Tambahkan
Siap pak😄
Siap pak😄
Tambahkan Komentar