Rangkuman Bimtek UKS

   
Rangkuman Bimtek UKS

Rangkuman Bimtek UKS



Rangkuman hasil Bimbingan Teknis Pengelolaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang dilaksanakan pada tanggal 7 sd 10 Juni 2021 bertempat di Bigland Hotel Bogor Jawa Barat.

Acara dibuka pada 7 Juni 2021 pada pukul 16.00 oleh Drs. Purwadi Sutanto, M.Si selaku Plt. Direktorat SMA.

Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan Pengarahan Kebijakan Umum Direktorat SMA khususnya menyangkut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020-2024, yang menyatakan bahwa visi Kemendikbud adalah berupaya untuk mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global. Oleh karena itu, diperlukan upaya membangun satuan pendidikan yang memiliki lingkungan yang kondusif untuk pembangunan karakter melalui profil Pelajar Pancasila. Salah satunya melalui Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Selanjutnya, Direktorat SMA mendorong usaha pengelolaan UKS SMA yang implementatif didukung manajemen yang berkesinambungan.

Materi berikutnya adalah Program UKS Direktorat SMA

Beliau menyampaikan tujuan umum UKS, yaitu: Meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik serta menciptakan lingkungan sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan anak yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya.

Peningkatan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik, dapat dilakukan dengan penanaman prinsip dan pola hidup sehat sedini mungkin melalui pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat yang dikenal dengan nama tiga program pokok UKS (Trias UKS).

Hari Kedua

Selasa, 8 juni 2021 diberikan Materi tentang Sekolah Sehat, Satuan Pendidikan Ramah Anak, Mitigasi resiko Pembelajaran Tatap Muka dan Pengelolaan UKS

UKS bertujuan untuk membina  dan meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap satuan pendidikan. Peran tersebut membuat UKS dapat membantu  meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik yang tercermin dalam kehidupan perilaku hidup bersih dan sehat, menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang harmonis  dan optimal.

Sekolah harus memenuhi seluruh indikator (pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, pembinaan lingkungan sekolah sehat, dan manajemen UKS) pada kelompok stratifikasi UKS tertentu (minimal atau standar atau optimal atau paripurna).

Pembinaan dan pengembangan UKS sebagai upaya pendidikan dan kesehatan harus dilaksanakan secara terpadu, berencana, terarah dan bertanggung jawab. Dalam pengelolaan program UKS meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi harus dijalankan dengan baik di sekolah.

Melalui implementasi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sehat yang tepat, permasalahan kesehatan remaja dapat dicegah sehingga dapat membentuk remaja SMA yang sehat dan bertanggung jawab.

Hari Ketiga

Rabu, 9 Juni 2021 dengan Materi Isu-isu Kesehatan dalam Program UKS, Integrasi Program UKS

Berbagai cara dapat dilakukan untuk membiasakan peserta didik menjaga kebersihan dan kesehatan pribadi ketika mereka berada di sekolah. Pembiasaan yang dilakukan di sekolah di antaranya melalui berbagai macam gerakan ataupun kampanye promosi kesehatan; (1) gerakan sayangi ginjal, (2) Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), (3) cintai paru-parumu, (4) say no to drugs, (5) ayo gemar makan ikan, (6) satu jiwa satu pohon, (7) hemat enegi dan engine off , (8) jumantik sekolah, (9) bank sampah, (10) sodaqoh sampah, (11) donor darah, (12) senam bersama, (13) jumat bersih dan sehat, (14) dokter remaja, (15) remaja mahir gizi, (16) bidan remaja, (17) posyandu lansia, (18) posyandu balita,  (19) Aksi Lihat Sampah Ambil (ALISA), (20) Ayo Minum Jamu (AMJ),  (21) Optimalisasi Piket Kelas (OPTIKEL), (22) Sekolah Area Bebas Rokok (SABaR), (23) Periksa Kukumu (PeriuK).

Dalam konteks integrasi program UKS, esensi KD menjadi penting terutama dalam pencampaian kompetensi. Kuncinya apakah esensi KD dari suatu mata pelajaran memiliki keterkaitan atau dapat menjadi sarana elaborasi dari program UKS. Secara umum, tema kesehatan baik jasmani dan rohani pastilah dapat dikaitkan dengan seluruh mata pelajaran. Namun demikian akan lebih baik apabila kaitan antara mata pelajaran dan program UKS bersifat esensial terutama dalam KD yang ada, tidak sekedar “ditempelkan” begitu saja.

Hari Keempat

Kamis, 10 Juni 2021 Melaksanakan diskusi kelompok dan membuat Rencana Tindak Lanjut

IDENTIFIKASI KENDALA DAN TANTANGAN PENGELOLAAN UKS

A.     Kendala dalam Pengelolaan UKS di Wilayah Bapak/Ibu

  1. SDM PTK yang belum mengetahui pentingnya Pengelolaan UKS,
  2. Kesadaran dan Pola Hidup Sehat yang tidak stabil,
  3. Belum pernah ada pendidikan dan pelatihan tentang pengelolaan UKS tingkat SMA,
  4. Banyaknya golongan masyarakat kelas menengah kebawah dengan ekonomi dan pendidikan rendah
  5. 5 Banyak anak usia sekolah yang putus sekolah

 

B.    Tantangan dalam Pengelolaan UKS di Wilayah Bapak/Ibu

  1. Perlu adanya pendidikan dan pelatihan SDM untuk pengelolaan UKS
  2. Usaha melengkapi sarana dan prasarana UKS
  3. Program studi banding dengan sekolah yang telah paripurna dalam pengelolaan UKS
  4. Usaha sosialisasi penerapan pola hidup sehat di lingkungan masyarakat
  5. Melakukan kerjasama dengan stekholder terkait dan juga dengan Camat, Kepala Desa, Tokoh masyarakat dan tenaga kesehatan.

C.    Upaya yang telah dilakukan dalam peningktan stratifikasi UKS di Wilayah Bapak/Ibu:

  1. Melaksanakan komunikasi dan kerjasama dengan puskesmas
  2. Mengajukan permohonan pengadaan tenaga medis untuk sekolah
  3. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan pertolongan ertama pada kecelakaan
  4. Sosialisasi bahaya Narkoba dan Nikah Muda
  5. Pembagian tablet penambah darah bagi Peserta didik perempuan.

 

RENCANA KEGIATAN SOSIALISASI STRATIFIKASI UKS

Nama Kegiatan

:

Sosialisasi Pengelolaan UKS SMA Kabupaten Pesisir Barat

Tempat Pelaksanaan

:

SMAN 1 Pesisir Tengah Kab. Pesisir Barat

Tanggal

:

14 Juli 2021

Peserta

:

Kepala Sekolah, Pembina UKS dan Guru

Diskripsi

:

Sosialisasi Pengelolaan UKS SMA Kabupaten Pesisir Barat bertujuan untuk berbagi bagaimana sebaiknya SMA menerapkan pengelolaan UKS dengan baik sesuai dengan stratifikasi UKS, upaya tata kelola dan tugas fungsi tim pelaksana UKS SMA dan adanya kesamaan pemahaman pengelolaan UKS SMA di Kabupaten Pesisir Barat.

 

 


Diperbarui
Tambahkan Komentar