PERSEBARAN FAUNA DI DUNIA

   
PERSEBARAN FAUNA DI DUNIA

PERSEBARAN FAUNA DI DUNIA



Wilayah pesebaran hewan pertama kali diperkenalkan oleh Sclater ( 1858 ), selanjutnya dikembangkan oleh Huxley ( 1868 ) dan oleh Wallace ( 1876 ). Menurut Alfret Russel Wallace, persebaran fauna di dunia di kelompokan menjadi enam wilayah, yaitu :

a. Wilayah Neartik
Gb. Salamander
Wilayah Neartik meliputi seluruh wilayah Amerika Utara dan seluruh daerah Greenland. Amerika Utara bagian timur terdiri atas hutan gugur, Amerika Utara bagian tengah terdiri atas padang rumput, dan Amerika Utara bagian Utara terdiri atas Hutan Konifer yang luas.
Lingkungan Greenland sangat menarik, terutama lingkungan fisiknya yang tertutup salju dengan ketebalan yang sulit ditentukan. Hewan yang terdapat di wilayah Neartik antara lain antelop bertanduk cabang tiga, sejenis tupai dari Amerika Utara (prairie dog), kalkun, burung biru, salamander, bison dan karibao (karibu).

b. Wilayah Neotropik
Gb. Trenggiling
Wilayah ini meliputi Meksiko bagian selatan sampai Amerika bagian selatan dan tengah. Di wilayah ini sebagian beriklim tropis dan di zona selatan beriklim sedang.
Hewan yang terdapat di wilayah ini ntara lain: kukang, armadillo, alpaka, kelelawar pengisap darah, orang hutan, siamang, trenggiling, menjangan, sejenis babi, kuda, tapir (beda dengan tapir Asia) dan kera.

c. Wilayah Australis
Gb. Kiwi
Daerahnya meliputi Australia, Selandia Baru, Irian Jaya, dan Maluku serta pulau-pulau disekitarnya. Hewan yang hidup di wilayah ini antara lain kangguru, trenggiling, koala, kasuari, cenderawasih, kiwi, kura- kura, buaya, kakatua, burung penghisap madu dan burung emu.

d. Wilayah Oriental
Gb. Gibon
Wilayah Oriental meliputi Benua Asia beserta pulau-pulaunya yang dekat, diantaranya Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulewesi, Srilangka, dan Filipina. Sebagian besar wilayah ini beriklim tropis. Hewan spesifik di wilayah ini antara lain hariamu, gajah, gibon, orang utan, dan badak bercula satu.

e. Wilayah Paleartik
Gb. Kucing Kutub
Wilayah Pleartik meliputi hampir seluruh daratan eurasia dan beberapa daerah tertentu, antara lain Himalaya, Afganistan, Afrika Ingris dan Jepang. Hewan yang hidup antara lain bison, landak, kucing kutub, dan menjangan kutub

f. Wilayah Etiopian
Gb. Antelop
Wilayah Etiopian meliputi seluruh daratan Benua Afrika, Madagaskar, dan daratan Arab bagian selatan. Dibagian utara terdapat Gurun Sahara yang merupakan padang pasir terluas di dunia.
Hewan-hewan yang terdapat diwilayah ini antara lain Gorila, simpanse, antelop, burung unta, kuda nil, zebra, dan jerapah.

Diperbarui
Tambahkan Komentar