PENGARUH GEOGRAFIS TERHADAP BUDAYA

   
PENGARUH GEOGRAFIS TERHADAP BUDAYA

PENGARUH GEOGRAFIS TERHADAP BUDAYA


Letak Geografis
Letak geografis merupakan letak suatu daerah dilihat dari lokasinya dibandingkan dengan letak daerah lainnya di permukaan bumi. Letak geografis Indonesia yang berada di antara  dua benua (Asia dan Australia) dan dua samudera (Hindia dan Pasifik) membuat Indonesia menjadi daerah lalu lintas baik laut maupun udara. Letak geografis juga berpengaruh pada bidang lainnya yaitu iklim dan budaya. Terletak sebagai persimpangan banyak negara membuat banyak kebudayaan baru masuk ke Indonesia, oleh karena itu tidak heran jika Indonesia memiliki banyak jenis akulturasi budaya.
Letak suatu tempat sangat berpengaruh pada kebiasaan hidup masyarakatnya. Masyarakat yang tinggal di pegunungan, mereka akan cenderung bermata pencaharian sebagai petani. Sedangkan untuk masyarakat yang tinggal di daerah pantai biasanya berprofesi sebagai nelayan.
Posisi Indonesia yang dilalui oleh Selat Malaka dan menjadi jalur perdagangan internasional sejak zaman dahulu, juga memengaruhi kebudayaan masyarakat Indonesia. Dengan datangnya bangsa asing dan bertemu dengan penduduk lokal, memungkinkan adanya penggabungan kebudayaan.
Kondisi Ekologis, dalam hal ini menitik beratkan pada hubungan antara manusia dan lingkungan, Faktor ekologis memiliki pengaruh penting. Misalnya suku Baduy yang membangun rumah secara berhadapan dan hanya menghadap ke arah Utara dan Selatan saja. Hal ini dilakukan dengan maksud supaya sinar matahari dapat menyinari seluruh ruangan melalui jendela samping rumah.

sumber:

Diperbarui
Tambahkan Komentar