KARAKTERISTIK WILAYAH INDONESIA

   
KARAKTERISTIK WILAYAH INDONESIA

KARAKTERISTIK WILAYAH INDONESIA


Jika pada pembelajaran sebelumnya kalian sudah memahami Posisi Strategis Indonesia baik secara Astronomis, Geografis, Geologis dan Geomorfologisnya. Selanjutnya yang perlu kalian pelajari, ketahui dan pahami adalah Karakteristik wilayah Indonesia.

Indonesia sebagai negara kepulauan yang membentang dari sabang sampai merauke dan berada pada wilayah tropis memiliki karakteristik daratan dan perairan yang beragam.

Wilayah daratan merupakan bagian dari permukaan bumi yang tidak digenangi air dan berbentuk padat. Wilayah daratan Indonesia memiliki ciri-ciri kenampakan yang berbeda, dimana bisa terlihat kenampakan daratan yang berupa pegunungan, gunung, dataran tinggi, dataran rendah, sungai, dan danau.

  1. Pegunungan adalah serangkaian gunung yang terhubung bersama- sama yang pada umumnya membentuk garis panjang gunung-gunung.
  2. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit.
  3. Daerah ini berbentuk dataran di permukaan bumi yang mempunyai ketinggian lebih dari 500 meter di atas permukaan laut.
  4. Sungai adalah bagian dari permukaan bumi yang membawa air dari pegunungan menuju lautan. Sungai biasanya dapat mengubah permukaan daratan dan berawal dari bagian tinggi di pegunungan.
  5. Genangan air yang cukup luas dan dikelilingi oleh daratan disebut dengan danau.

Perairan adalah suatu kumpulan masa air pada suatu wilayah tertentu, baik yang bersifat dinamis (bergerak atau mengalir) seperti laut dan sungai maupun statis (tergenang) seperti danau. Perairan ini dapat merupakan perairan tawar, payau, maupun asin (laut).

Relief Dasar Laut

Relief dasar laut adalah perbedaan tingi  dan rendah nya bentuk muka bumi di dasar laut. Dasar laut adalah permukaan bumi yang ada di dalam laut. Seperti relief daratan, relief dasar laut juga mempunyai kontur yang tidak berbeda dengan yang ada pada relief daratan. Ada dataran tingginya, ada lembahnya, ada juga pematangnya. Hanya saja istilah yang digunakan untuk menyebut bentuk-bentuk bumi tersebut berbeda.

Dasar laut mempunyai relief yang hampir sama dengan permukaan bumi. yaitu sebagai berikut :

1.  Landas Benua/Kontinen

Landas kontinen atau landas benua merupakan dasar laut yang merupakan kelanjutan dari benua. Daerah ini adalah suatu relief dasar laut yang menurun perlahan-lahan mulai dari pantai ke arah tengah lautan sampai ke pinggir saat dasar laut tiba tiba menurun. Landas kontinen mempunyai kedalaman sekitar 200 meter. Contohnya : pada Dangkalan Sunda yaitu kelanjutan dari Benua Australia.

2. Palung Laut

Palung laut juga biasa disebut dengan trench. Palung laut adalah dasar laut yang sangat dalam, curam, sempit, dan memanjang. Palung laut terbentuk karena adanya suatu gerak lipatan kulit bumi atau adanya patahan. Contohnya: pada Palung Jawa mempunyai kedalaman 8.000 m, Palung Mariana mempunyai kedalaman 9.635 m, dan Palung Mindanao mempunyai kedalaman 10.500 m.

3. Gunung Laut

Gunung laut merupakan gunung yang terbentuk di dasar laut. Gunung ini kadang ada yang sampai ke permukaan laut. Gunung ini terbentuk akibat adanya suatu aktivitas vulkanisme. Contohnya pada Gunung Krakatau di Selat Sunda.

4. Ambang Laut (drempel)

Ambang Laut (drempel) adalah dasar laut yang mencuat memisahkan satu perairan dengan perairan yang lain. Contohnya :pada ambang laut Sulawesi.

5. Shelf (paparan benua)

Paparan benua (shelf), merupakan suatu dasar laut yang melandai ke daratan dengan kedalaman rata-rata sampai dengan 200 m. Contohnya : pada paparan sahul, paparan sunda.

6. Laut dangkal

Laut dangkal yakni suatu laut yang kedalamannya kurang dari 200 meter.

7. Laut Dalam

Laut Dalam yakni sebuah laut yang kedalamannya lebih dari 200 m. Contohnya : pada laut banda.

8. Lubuk Laut

Lembah laut atau bekken merupakan suatu daerah yang dalam dan luas di lautan. Daerah ini berupa cekungan. Contohnya : pada Indo-Australia Bekken di Samudra Hindia.

9. Punggung Laut

Punggung laut adalah salah satu relief dasar laut berupa bagian dari dasar laut yang menjulang ke atas sebagai pegunungan di laut. Punggung laut di Indonesia antara lain terdapat di sebelah barat Pulau Sumatra, selatan Pulau Jawa, dan selatan Pulau Sumba.

10. Pulau Koral/Pulau Karang (Terumbu)

Pulau Koral/Pulau Karang (Terumbu) merupakan dasar laut yang sebagian atau semuanya terdiri atas karang.


Tugas !

1. Cari dan tulislah nama-nama wilayah pegunungan yang kamu ketahui (Nama, Lokasi, dan Pemanfaatan wilayah tersebut)

2. Gunung di Indonesia sangat banyak, cari dan tulikan nama-nama gunung berapi yang aktif (Nama, Lokasi dan sejarah nya)

3. Sungai di Indonesia juga banyak dan hampir tersebar di Indonesia, cari dan tulis 5 sungai terpanjang di Indonesia (Nama, Lokasi, panjang dan pemanfaatan sungai tersebut)

4. Danau di Indonesia memiliki nama dan karakteristik yang berbeda, cari dan tulis 3 danau yang paling terkenal di Indonesia (Nama, Lokasi dan karakteristiknya.


Tugas ini dikerjakan antara tanggal: 10 - 12 September 2020 dan dikumpulkan disekolah



Diperbarui

1 Komentar

+ Tambahkan
Nggak dicatat apa pak
Tambahkan Komentar