HAK, KEWAJIBAN DAN TANGGUNGJAWAB

   
HAK, KEWAJIBAN DAN TANGGUNGJAWAB

HAK, KEWAJIBAN DAN TANGGUNGJAWAB

 

Sahabat, pada kesempatan ini penulis ingin berbagi beberapa kata yang sering di ucapkan namun mungkin salah dalam penempatan.

Baiklah apa saja kata tersebut, ya kata-kata itu adalah “Kewajiban, Hak dan Tanggung Jawab”. Dalam beberapa situasi pada beberapa tempat kerja atau pada suasana istirahat bekerja, staf atau karyawan sering menyinggung dan mencemooh orang lain, bisa saja rekan kerjanya, teman atau saudaranya. Singgungan dan juga cemoohan itu bisa berupa kritik terhadap pekerjaannya dan bisa juga hasil perbuatannya.

Contohnya saja seperti, rekan kerja terlambat, rekan kerja buru-buru bekerja atau rekan kerja cepat pulang, sering izin, meninggalkan pekerjaan tanpa keterangan dan masih banyak ketidak puasan yang dirasakan akibat ulah dari rekan kerjanya tersebut. Karena hal-hal tersebutlah muncul kalimat “Dia loh tidak bisa melaksanakan kewajibannya dengan baik”, “Dia tidak dapat bertanggung jawab”, “Bagaimana dia mau mendapatkan haknya jika kewajibannya tidak di penuhi”, dan masih ada beberapa kalimat lain yang akan muncul akibat ketidak puasannya.

Apa sebenarnya dan juga apa kaitannya antara Hak, Kewajiban dan Tanggungjawab itu?

1.       Hak merupakan sesuatu yang mutlak untuk dimiliki orang tersebut dan penggunaannya juga tergantung dengan orang itu juga.

2.       Kewajiban adalah suatu tugas pokok yang harus dilakukan, sesuai dengan apa yang tertulis dan pernah di ucapkan oleh orang yang berkewajiban tersebut.

3.       Tanggungjawab dapat diartikan sebagai wujud pelaksanaan dari kewajiban atau tugas pokok yang dilakukan secara sadar di iringi dengan tingkah laku.

Jadi kesimpulannya, jika seseorang ingin mendapatkan haknya itu wajib menunaikan kewajibannya dan tugas pokoknya secara bertanggung jawab.

Mari belajar bersikap dan bertindak sesuai tanggungjawab, menuntut hak setelah menyelesaikan kewajiban.


Diperbarui
Tambahkan Komentar